Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Jakarta Timur 2021
Nomor Katalog : 1399013.3172
Nomor Publikasi : 31720.2116
ISSN / ISBN : 978-623-97950-3-0
Tanggal Rilis : 2021-12-23
Ukuran File : 2.26 MB
Abstraksi
Undang-undang RI Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
mengatur bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik berkewajiban untuk
melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pelaksana pelayanan publik. Salah satu
bentuk evaluasi ini diwujudkan melalui penyelenggaraan Survei Kepuasan
Masyarakat (SKM) sebagaimana yang diatur dalam PermenpanRB Nomor 14 Tahun
2017. Badan Pusat Statistik (BPS), sebagai salah satu penyelenggara pelayanan
publik yang menyediakan data dan informasi statistik, senantiasa selalu berusaha
memberikan pelayanan prima kepada konsumen. BPS telah menyelenggarakan
SKM secara rutin tiap tahun yang diintegrasikan ke dalam Survei Kebutuhan Data
(SKD). Survei ini selain bertujuan untuk mendapatkan persepsi kepuasan
konsumen terhadap pelayanan data BPS, juga bertujuan untuk mengidentifikasi
kebutuhan data dan persepsi kepuasan konsumen terhadap kualitas data yang
dihasilkan BPS.
Pada tahun 2021, SKD dilaksanakan di 515 satuan kerja BPS yang terdiri
dari BPS Pusat, 34 BPS Provinsi, serta 480 BPS Kabupaten/Kota di seluruh
Indonesia. Hasil dari pelaksanaan SKD 2021 salah satunya disajikan dalam
publikasi dengan judul “Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2021” sebagai
bentuk laporan dari penyelenggaraan SKD. Publikasi ini memberikan penjelasan
secara deskriptif mengenai performa unit layanan, perilaku anti korupsi, kebutuhan
data, serta kepuasan konsumen terhadap kualitas data BPS. Penyajian data
ditampilkan dalam bentuk tabel, grafik, dan infografis. Indeks Kepuasan Konsumen
(IKK) dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) merupakan indikator utama yang
disajikan dalam publikasi ini.